-Komunikasi: aktivitas yang sangat funda mental dalam kehidupam umat manusia
Komunikasi menurut (onong uchjan) merupakan suatu proses penyimpanan pesan oleh seseorang kepada oang lain, untuk memberi tahu, menugbah sikap,pendapat atau perilaku baik secara lisan (langsung) ataupun tidak langsung (melalui media)
-Harlod lasswet komunikasi pada dasarnnya merupakan suatu peroses yang menjelaskan siapa? mengatakan apa? dengan satuan apa/ kepada siapa? dengan akibat ataupun hasil apa (who? says what? in which? channel? to whom? with wgat effect?)
Unsur-Unsur Komunikasi
1. Komunikator: orang yang menyampaikan pesan
2. Komunikan: orang yang menerima ide, pesan, pernyataan, dll
3. Pesan: ide atau keinginan dari komunikator yang didukung oleh lambang
4. Media: sarana atau saluran yang menunjang pesan
5. Efek atau feedback, tanggapan dari pihak komunikan terhadap pesan yang disampaikan oleh komunikator
jenis-jenis feedback:
a. zero feedback (pesan tidak dimengerti oleh komunikan)
b. positive feedback (pesan dimengerti oleh komunikan)
c. neutral feedback (respon yang tidak memihak/tidak mendukung ataupun menentang)
d. negative feedback (respon yang bersifat merugikan atau menyudutkan komunikator
Bentuk-Bentuk Komunikasi
a.Komunikasi intrapersonal yaitu komunikasi dengan diri sendiri proses untuk mengambil keputusan apakah
menerima atau menolak suatu pesan yang di sampaikan komunikator
b. Komunikasi vertikal
Komunikasi
vertikal adalah komunikasi dari atas ke bawah dan dari bawah ke atas
atau komunikasi dari pimpinan ke bawahan dan dari bawahan ke pimpinan
secara timbal balik. Komunikasi horisontal
Komunikasi
horisontal adalah komunikasi secara mendatar, misalnya komunikasi
antara karyawan dengan karyawan dan komunikasi ini sering kali
berlangsung tidak formal yang berlainan dengan komunikasi vertikal
yang terjadi secara formal.
c. Komunikasi diagonal
Komunikasi
diagonal yang sering juga dinamakan komunikasi silang yaitu seseorang
dengan orang lain yang satu dengan yang lainnya berbeda dalam
kedudukan dan bagian. Pendapat lainnya menyebutkan, komunikasi dapat mengalir secara vertikal atau lateral (menyisi).
Dimensi vertikal dapat dibagi menjadi ke bawah dan ke atas.
b.
Ke bawah : Komunikasi yang mengalir dari satu tingkat dalam suatu
kelompok atau organisasi ke suatu tingkat yang lebih bawah. Kegunaan
dari pada komunikasi ini memberikan penetapan tujuan, memberikan
instruksi pekerjaan, menginformasikan kebijakan dan prosedur pada
bawahan, menunjukkan masalah yang memerlukan perhatian dan mengemukakan
umpan balik terhadap kinerja.
c. Ke atas : komunikasi yang mengalir
ke suatu tingkat yang lebih tinggi dalam kelompok atau organisasi
digunakan untuk memberikan umpan balik kepada atasan, menginformasikan
mereka mengenai kemajuan ke arah tujuan dan meneruskan masalah-masalah
yang ada.
Sedangkan dimensi lateral, komunikasi yang terjadi di
antara kelompok kerja yang sama, diantara anggota kelompok-kelompok
kerja pada tingkat yang sama, diantara manajer-manajer pada tingkat yang
sama.
#Bidang Komunikasi
Komunikasi sosial
Komunikasi Politik
Komunikasi Budaya
Komunikasi internasional
KOmnuikasi pembangunan
Komunikasi Tradisional
#sisitem komunikasi
sisitem tanggung jawab sosial
sisitem tanggung jawab militer
sisitem tangung jawab pembangunan
sistem tanggung jawab komunitas
#Fungsi Komunikasi
Fungsi komunikasi adalah :
a.
Kendali : komunikasi bertindak untuk mengendalikan prilaku anggota
dalam beberapa cara, setiap organisasi mempunyai wewenang dan garis
panduan formal yang harus dipatuhi oleh karyawan.
b. Motivasi :
komunikasi membantu perkembangan motivasi dengan menjelaskan kepada
para karyawan apa yang harus dilakukan bagaimana mereka bekerja baik dan
apa yang dapat dikerjakan untuk memperbaiki kinerja jika itu di bawah
standar.
c. Pengungkapan emosional : bagi banyak karyawan kelompok
kerja mereka merupakan sumber utama untuk interaksi sosial, komunikasi
yang terjadi di dalam kelompok itu merupakan mekanisme fundamental
dengan mana anggota-anggota menunjukkan kekecewaan dan rasa puas mereka
oleh karena itu komunikasi menyiarkan ungkapan emosional dari perasaan
dan pemenuhan kebutuhan sosial.
d. Informasi : komunikasi memberikan
informasi yang diperlukan individu dan kelompok untuk mengambil
keputusan dengan meneruskan data guna mengenai dan menilai
pilihan-pilihan alternatif.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar