bear


Jumat, 12 Desember 2014

Pengertian dan Pendekatan Sistem (Sistem Appoapoarch)

  •  Pendekatan sisitem merupakan metode berpikir sinetik yang ditrerapkan pada masalah yang merupakan suatu sistem, sedangkan yang di maksud dengan mode berpikir sinetik, yaitu mode berpikir yang didasarkan atas doktrin ekspansionisme. Doktrin ekspansiunisme adalah cara meninjau suatu benda hal sebagai bagian dari keseluruhan yang besar.
 Pengertian Suatu System
    
    Sistem merupakan jumlah keseluruhan dari bagiannya yang saling berkerja bersama untuk mencapai hasil yang diharapokan berdasarkan atas kebutuhan yang telah di temukan setiap sistem pasti mempunyai tujuan dan semua kegiatan dari komponen-komponen di arahkan untuk menuju tercapainnya tujuan tersebut.

contoh : pemerintahan
             sekolah
             pendidikan

Dua unsur suatu system:
   Input (masukan) sumber, biaya, personal
   Output (keluaran) produk atau keuntungan

Adapun Pendekatan Pengembangan System Appoarch yaitu:
Pendekatan system
Total system Apppoarch
Modular Appoarch
Great Roop Appoarch
Evolution Appoarch

Pendekatan Klasik
Pendekatan terstruktur
Bottom-up Appoarch
Top Down Appoach
pendekatan sepotong

classic Appoarch
    Dikenal dengan pendekatan traditional (traditional appoach) atau conventional appoarch metode tersebut mengembangkan system dengan mengikuti tahapan-tahapan pada sistem like cycle pendekatan tersebut menekankan bahwa pengembangan akan berhasil apabila mengikuti tahap lake cycle

Structured Appoarch
    pendekatan tersebut dilengkapi dengan alat-alat (tools) dan tekhnik-tekhnik mayang dibutuhkan dalam pengembangan sistem sehingga menghasilkan sistem yang strukturnya didefinisikan dengan baik danbenar. Struktur Appoarch tersebut banyak diperkenalkan dalam buku-buku maupun di perusahaan-perusahaan konsultan.

Bottom up Appoarch
 pendeklatan tersebut dimulai level dari bawah organisasi yaitu level operasional tranksaksi dilakukan pendekatan ini dimulai dari perumusan kebutuhan-kebutuhan mengenai tranksaksi dan naik ke level atas dengan merumuskan  atas kebutuhan-kebutuhan informasi berdasarkan tranksaksi tersebut.
ciri-cirinya yaitu: pendekatan kelasik pendekatan dari bawqah ke atas bila digunakan pada tahap analisis systm tersebut juga dengan data analisis,karena yang menjadi tekanan adalah data yang akan di olah terlebih dahulu informasi yang akan dihasilkan menyusul mengikuti datanya.

Top Down Appoarch
  yaitu kebalikan dari level botto up appoarch. level tersebut dimulai dengan perencanaan startegi selanjutnyamndefinisikan sasaran dan kebijakdsnan organisasi selanjutnya yaitu Analisis kebutuhan informasi dan kemudian. Turun ke proses Tranksaksi yaitu: penentuan Output, Intput basis data prosedur-prosedur proses kontrol
ciri-ciri tersebut juga sering di sebut dengan decision analys

Plecemeal Appoarch
 pengembangan yang menekankan pada suatu kegiatan atau aplikasi tertentu tanpa memperhatikan posisinya di didtem informasi atau tidak memprhatikan organisasi secara global.

Total sytem Apooartch
pendekatan pengembagangan sistem serentak secara menyeluruh sehingga m enjadi sulit untuk di kembangkan (ciri klasik) pendekatan

System Appoarch
memperhatikan system informasi sebagai satu kesatuan terintergrasi untuk masing-masingh kegiatan atau aplikasi dan menekankan sasaran organisasi secara Global.   

Tidak ada komentar:

Posting Komentar